BUDAYA KERJA

 

DOKUMENTASI KEGIATAN PADA BULAN RAMADHAN

Sholat Tarawih


Sholat Tarawih


Buka Puasa Bersama


Ngabuburit/membeli takjil



Budaya kerja adalah suatu falsafah didasari pandangan hidup sebagai nilai- nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan juga pendorong yang dibudayakan dalam suatu kelompok dam tercermin dalam sikap menjadi perilaku, cita-cita, pendapat, pandangan serta tindakan yang terwujud sebagai bekerja.


5 nilai budaya kerja:

  • INDIKASI POSITIF

  1. Bertekad dan bekemauan untuk berbuat yang baik dan benar
  2. Berpikiran positif, arif, dan bijaksana dalam melaksanakan tugas dan fungsi
  3. Mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku
  4. Menolak korupsi, suap, atau gratifikasi

  • INDIKASI NEGATIF

  1. Melanggar sumpah dan janji pegawai/jabatan
  2. Melakukan perbuatan rekayasa atau manipulasi
  3. Menerima pemberian dalam bentuk apapun di luar ketentuan


Jenis-jenis Budaya Kerja mari ketahui apa saja jenis-jenis budaya kerja tersebut.

  1. Adhocracy – kultur kerja yang mengedepankan fleksibilitas demi inovasi.
  2. Hierarchy – berpegang pada tradisi struktur hirarki dan kaku.
  3. Clan – mengedepankan rasa kekeluargaan tanpa dibebani oleh struktur hirarki.
  4. Market-driven – mengedepankan hasil alih-alih berkembang bersama pekerja lainnya.
  5. Purpose-driven – perusahaan yang ingin mencapai suatu tujuan komunal.
  6. Customer-focused – mengedepankan kepuasan pelanggan dan memberikan mereka yang terbaik.
  7. Innovative – mengedepankan perubahan yang inovatif untuk meningkatkan kualitas.
  8. Creative – fokus memproduksi banyak hal baru.


Manfaat Budaya Kerja

Budaya kerja memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan kinerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan dating. Oleh karena itu, dapat di tarik kesimpulan bahwa manfaat dari penerapan budaya kerja yang baik : 

  1. meningkatkan jiwa gotong royong,
  2. meningkatkan kebersamaan,
  3. saling terbuka satu sama lain, 
  4. meningkatkan jiwa kekeluargaan, 
  5. meningkatka rasa kekeluargaan,
  6. membangun komunikasi yang lebih baik, 
  7. meningkatkan kinerja,
  8. tanggap dengan perkembangan dunia luar, dan lain-lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BUDAYA KERJA"

Posting Komentar